Bulan April adalah bulan peduli spondylitis. Bulan ini ditetapkan oleh Spondylitis Association of America sebagai bulan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan penyakit ini. Sejak tahun 2009 organisasi ini berusaha menyebarluaskan informasi mengenai spondylitis, suatu kelompok penyakit rematik autoimun. Penyakit ini sangat sering terlambat terdiagnosis. Data ilmiah menunjukkan 7-10 tahun dibutuhkan untuk seseorang terdiagnosis penyakit ini. Suatu perjalanan yang sangat  panjang yang tentunya memakan biaya besar. Belum lagi kerusakan sendi yang terjadi akibat keterlambatan diagnosis ini.  Sering kali sudah terjadi cacat sendi dan baru diagnosis ditegakkan.

 

Apakah Spondyloarthritis itu?

Ini adalah nama kelompok penyakit rematik autoimun yang terdiri dari beberapa penyakit.

Diperkirakan 1 dari 100 orang di Amerika menderita sakit ini, dan terdapat 2,7 juta orang di Amerika yang terdiagnosis penyakit ini.

 

Terdiri dari apa saja spondyloarthritis itu?

Spondyloarthritis atau spondiloartropati seronegatif adalah nama KELOMPOK  penyakit.

Para ahli berusaha membuat pengelompokkan penyakit ini.

A. Pengelompokan dengan metode lama yang termasuk dalam kelompok ini ada 5 penyakit yaitu

  1. Ankylosing spondylitis

Gejalanya adalah nyeri pinggang atau bokong yang terutama pada pagi hari dan membaik jika  sudah melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

2. Artritis Enteropatik

Gejala utama adalah radang usus, misalnya diare berdarah, nyeri perut, berat badan turun. Kemudian dapat disertai nyeri pinggang, radang sendi diseluruh tubuh misalnya lutut , kaki dan ditempat lain.

3. Arthritis psoriatic

Kebanyakan didahului oleh kelainan kulit psoriasis kemudian baru mengalami nyeri sendi. meskipun kelainan sendi yang mengawali kelainan kulit juga bisa terjadi. Biasanya menyerang jari kaki dan jari tangan menimbulkan jari sosis (daktilitis). Dapat juga menyerang panggul, lutut dan pergelangan kaki.

DokterRematikAutoimun.com - spondiloartritis 1

contoh pada penderita psoriatic arthritis

4. Arthritis Reaktif

Biasanya didahului oleh infeksi akut di luar sendi (contoh infeksi saluran nafas, infeksi usus, infeksi saluran kencing) .Kemudian terjadi radang sendi, paling banyak mengenai lutut dan  pergelangan kaki. Semua sendi dapat terkena.

5. Undifferenriated Spondyloarthritis

Kelinan mirip dengan spondyloarthritis TETAPI tidak dapat dikelompokkan dalam salah satu klasifikasi diatas.

 

B.Pengelompokan dengan klasifikasi baru yaitu

  1. Axial Spondyloarthritis

Spondiloartritis aksial adalah inflamasi TULANG PANGGUL dan TULANG BELAKANG yang menyebabkan NYERI  pinggang dan bokong.

2. Peripheral Spondyloarthritis

Spondiloartritis perifer adalah kondisi nyeri pada sendi, tendon atau ligamen DILUAR tulang panggul dan tulang belakang,bisa berupa :

  • entesitis yaitu radang pada tempat perlekatan tendon atau ligament di tulang misalnya pada telapak kaki atau belakang kaki. Dapat juga terjadi daktilitis atau jari sosis oleh karena pembengkakkan tendon di daerah ibu jari
  • radang sendi bisa terjadi pada lutut, pergelangan kaki, kaki, siku, bahu dan semua sendi di seluruh tubuh.

 

Kenapa disebut SPONDILOATROPATI SERONEGATIF?

Sebernarnya disebut seronegatif karena biasanya pemeriksaan laboratorium untuk Rheumatoid Arthritis akan negatif. Dan pemeriksaan ini dapat digunakan untuk membantu menyingkirkan diagnosis Rheumatoid Arthritis. Pasien spondiloartritis seronegatif pada umumnya akan memiliki RF- dan CCP-. Tetapi tidak selalu Rheumatologist akan memeriksaan kedua petanda laboratorium ini pada pasien spondiloartritis seronegatif. Kecuali jika didapatkan kecurigaan adanya  Rheumatoid Arthritis.

 

Apakah penyebab kondisi ini dok?

Penyebab pasti belum diketahui. Kita mengetahui ada beberapa gen yang berperan dalam terjadinya penyakit ini . Gen yang paling banyak diteliti adalah HLA-B27. Adanya peran gen dan pencetus dari lingkungan seperti bahan kimia, infeksi bakteri virus atau bakteri diduga mencetuskan penyakit ini. Masih banyak dibutuhkan penelitian lanjutan untuk menentukan penyebab yang lebih pasti.

 

Bagaimana dokter Rematik/Rheumatologist menegakkan diagnosis penyakit ini dok?

Pintu masuk untuk diagnosis penyakit ini biasanya adalah NYERI PINGGANG atu BOKONG yang bersifat inflamasi. NYERI INFLAMASI  gejalanya adalah nyeri yang dominan pada pagi hari dan MEMBAIK  jika sudah melakukan aktifitas fisik. Contohnya sesorang dengan riwayat psoriasis (kelainan kulit kemerahan dan bersisik) dan mengalami nyeri sendi dan bengkak di kaki dan tangan , ini mungkin suatu ARTRITIS PSORIATIK. Contoh lain orang dengan radang usus (IBD, Inflammatory bowel disease ) dan mengalami nyeri panggul, lutut bengkak mungkin saja mengalami ARTRITIS  ENTEROPATIK  atau artritis terkait IBD. Diagnosis dibuat oleh Rheumatologist denagn menggabungkan gejala-gejala penyakit ini dan disesuaikan dengan kelainan sendi yang dialami.

 

Gejala lain apa diluar kulit dan radang usus yang dapat dialami oleh pasien?

Biasanya Rheumatologist harus juga meminta pasien untuk melakukan chek up mata rutin . Penyandang spondiloartritis seronegatif harus waspada apabila timbul radang pada mata, mata kemerahan yang berulang . Mungkin saja ini suatu uveitis. Uveitis adalah radang pada bagian tengah mata yang disebut uvea.

DokterRematikAutoimun.com - spondiloartritis

Pasien yang sudah datang terlambat

Apa pentingnya diagnosis dini kelainan ini?

Dalam praktek sebagai Rheumatologist golongan penyakit spondiloartritis seronegatif paling sering terlambat terdiagnosis. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan rata-rata dibutuhkan 10 tahun untuk menegakkan diagnosis kondisi ini. Sehingga sangat sering pasien ankylosing Spondylitis datang ke Rheumatologist setelah sudah bongkok , cacat tulang belakang dan tidak dapat melakukan aktifitas fisik sehari-hari. Diagnosis dini dibutuhkan agar terapi cepat diberikan untuk mencegah cacat sendi yang permanen.

 

Pemeriksaan apa yang dapat dilakukan oleh Rheumatologist ?

Dokter rematik akan melakukan pemeriksaan fisik kondisi tulang belakang, panggul dan sendi-sendi lainnya. Kemudian kami akan meminta pemeriksaan laboratorium misalnya darah rutin termasuk diantaranya CRP sebagai petanda inflamasi. Apabila memungkinkan juga dapat dilakukan pemeriksaan HLA-B27. Kemudian Rheumatologist akan meninta anda untuk melakukan foto panggul dan tulang belakang untuk mencari suatu kelainan tulang panggul yang terjadi pada kondisi ini (radang pada sendi sakroilika / sakroiliitis). Apabila dimungkinkan pemeriksaan MRI akan lebih tepat untuk mendeteksi kelainan ini dan dapat lebih cepat terlihat dibandingkan dengan foto konvensional.

 

Bagaimana pengobatan penyakit ini?

Sangat penting bagi Rheumatologist menentukan tipe atau jenis spondiloartritis yang anda alami. Karena meskipun obat yang digunakan hampir mirip tetapi masing-masing kondisi ini memiki kekhususan masing-masing. Obat-obat yang lazim digunakan pada kondisi ini adalah penghilang rasa sakit biasa (NSAID), suntikan steroid lokal pada bagian sendi yang sakit, sulfasalasin , lefluonamid, metotrexat dan TNF alpha inhibitor (adalimumab, etanercept, golimumab, infliximab), Interleukin 17 inhibitor (secukinumab) dll.  Rehabilitasi medik dan program latihan olahraga yang disesuaikan dengan kondisi pasien juga sangat penting pada penyakit ini. Pasien dianjurkan untuk tetap aktif dan berolahraga, tentunya program latihannya sebaikknya dibawah panduan team rehabilitasi medik. Berenang dan senam ringan merupakan salah satu jenis olahraga yang dianjurkan.

 

Sebagai masyarakat awam kapan kita harus waspada akan adanya Spondiloartritis seronegatif?

Jika anda mengalami lebih dari 1 kondisi dibawah ini dan berlangsung lebih dari 1 bulan, konsultasikan dengan Rheumatologist/ Konsultan Reumatologi untuk mendapatkan diagnosis sebelum terjadi cacat sendi permanen :

  • Nyeri pinggang atau bokong terutama pada pagi hari yang membaik dengan beraktifitas
  • Kelainan kulit bersisik, bercak kemerahan (psoriasis)
  • Diare, buang air besar lendir atau berdarah (radang usus, IBD)
  • Kelainan mata, mata merah, nyeri pada mata, gangguan penglihatan
  • Nyeri pada sendi lutut, siku, bahu, pergelangan kaki dan kaki (radang sendi)
  • Nyeri pada telapak kaki (contoh entesitis misalnya faciitis plantaris berulang), atau pada belakang kaki
  • Jari kaki atau tangan yang bengkak seperti sosis
  • Anda laki-laki usia kurang dari 40 tahun

 

Ketahui gejala awal kelompok spondiloartritis seronegatif dan dapatkan diagnosis awal sebelum terjadi cacat sendi permanen,

dr. Sandra Sinthya Langow, SpPD-KR
Internist Rheumatologist
Siloam Hospital Lippo Village
Tangerang Banten