2 Februari Sebagai Hari Waspada Rematik

Silahkan bagikan jika bermanfaat

Kembali kita diingatkan  untuk menyebarkan informasi, apa itu penyakit rematik autoimun?? Sebagai Rheumatologist, saya sering kali bertemu dengan pasien Rematik Autoimun (RA, Sjogren, Lupus, skleroderma) yang terlambat terdiagnosis.

KETERLAMBATAN  itu dapat berakibat :

  • Datang dengan sendi yang sudah bengkok, cacat permanen, tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari yang sederhana (misalnya pada RHEUMATOID ARTHRITIS lanjut).
  • Datang dengan gangguan organ vital (gangguan jantung, paru , ginjal dan otak), misalnya pada LUPUS dan SKLERODERMA yang terlambat diobati
  • Datang dengan  gangguan ginjal/gagal ginjal dan luka lambung/pendarahan lambung. Penyebabnya oleh karena minum obat penghilang sakit sendi/ jamu terus menerus tanpa MENCARI TAU penyebab sakit sendi.
  • Datang dengan efek samping steroid (metilprednisolon, prednisone, dll). Steroid yang digunakan dengan dosis yang berlebihan, terlalu lama dan tanpa indikasi bisa berakibat buruk : moon face, keropos tulang, diabetes, hipertensi, mudah memar, jerawat dan infeksi kulit, berat badan meningkat dll. Banyak yang menggunakan steroid JANGKA PANJANG DOSIS TINGGI  pada keluhan nyeri sendi tanpa mencari tau penyebabnya. Akan tetapi kita tidak perlu takut berlebihan menggunakan steroid jika dibawah pengawasan dokter.
  • Dan masih banyak AKIBAT-AKIBAT lain seperti harus berhenti sekolah, di PHK dari tempat kerja, di tinggalkan pasangan/teman/ keluarga. Hal ini terjadi oleh karena keterbatasan akibat terlambat mendapatkan pengobatan.
https://dokterrematikautoimun.com
Konsultasi lebih dini lebih baik

Sebaliknya diagnosis dini penyakit Rematik Autoimun memiliki banyak keunntungan :

  • Penyakit yang masih awal lebih mudah ditangani, cepat remisi
  • Belum terjadi gangguan fungsi organ tubuh yang lain
  • Belum terjadi cacat sendi
  • Cepat mendapatkan obat khusus  (DMARD, Agen Biologik), obat ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sendi lebih lanjut.

STEROID (metilprednisolon, prednisone dll) atau NSAID (penghilang sakit , misalnya piroksikam, natrium diklofenak, meloksikam dll) hanya menghilangkan gejala sementara tapi TIDAK  dapat memcegah kerusakan sendi/cacat sendi.

Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu penyakit Rematik Autoimun yang paling sering ditemukan. Rheumatologist sangat mengharapkan pasien dapat datang pada kondisi yang sangat AWAL (<3 bulan ) dimana kerusakan sendi/cacat sendi belum terjadi.

Bagaimana gejala awal  RA?

  • Nyeri sendi terutama jari tangan , pergelangan tangan, pada kedua tangan
  • Kaku di pagi hari dan  akan membaik setelah melakukan kegiatan sehari-hari
  • Pergelangan kaki, lutut . siku dan semua sendi dapat terkena pada stadium yang lebih lanjut.

Jika mendapatkan gejala diatas dan menetap lebih dari 2-4 minggu segeralah berkonsultasi dengan Rheumatologist untuk mendapatkan pengobatan.

https://dokterrematikautoimun.com
Kenali gejala awal rheumatoid arthritis

Apakah cukup minum penghilang sakit biasa pada Artritis Reumatoid ?

TIDAK. Penghilang sakit biasa yang dijual bebas dan steroid seperti prednison,metilprednisolon hanya sebagai penghilang sakit sementara. Ada obat khusus seperti:

  1. DMARD : metotrexat, sulfasalasin , hidroksikloroquin, lefluonamid dl
  2. Biologik Agent :adalimumab, golimumab, toxilizumab dll

Kedua golongan ini tidak hanya sekedar menghilangkan rasa sakit tapi juga MENCEGAH kerusakan / cacat sendi.

Apakah penyakit Rematik hanya menyerang orang dewasa?

Penyakit Rematik bisa menyerang anak-anak bahkan bayi. Istilah JIA (Juvenile Ideopatic Arthritis) adalah kelompok penyakit rematik yang menyerang anak kurang 16 tahun. Waspadai keluhan nyeri sendi pada anak, demam berulang,gangguan mata atau bercak-bercak kulit yang sulit sembuh. Konsultasikan dengan Rheumatologist adanya kemungkinan JIA. Diagnosis dini dapat mencegah cacat sendi permanen.

Pemeriksaan Mandiri untuk diagnosis dini Rheumatoid Arthritis.

Anda bisa berlatih menjadi dokter sendiri. Lakukan pemeriksaan ini pada teman atau anggota keluarga yang mengeluh sakit sendi lebih dari 2 minggu. Tes mandiri ini disebut Squeeze tes (Tes Remas). Remaslah pergelangan tangan dan kaki anda. Jika nyeri ada kecurigaan anda terkena RA. Temuilah Rheumatologist terdekat di tempat anda.

Mari bagikan pengetahuan ini buat teman dan keluarga anda. Seringkali keterlambatan berobat diakibatkan oleh ketidaktahuan..Mari tingkatkan kewaspadaan kita akan RA. Diagnosis dini akan mencegah kecacatan dan keterbatasan fisik.

 

Kenali Rheumatoid Arthritis sejak dini,

dr. Sandra Sinthya Langow, SpPD-KR
Internist Rheumatologist
Siloam Hospital Lippo Village
Tangerang Banten

 


Silahkan bagikan jika bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *