Sekilas tentang Penyakit Asam Urat

Silahkan bagikan jika bermanfaat

Mengenal lebih dekat tentang asam urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit rematik tertua, sudah dikenal sejak tahun 2640 sebelum Masehi. Namun demikian ternyata penelitian ilmiah menunjukkan di Amerika, dengan jumlah penderita gout 8.3 juta, hanya sekitar 10 % yang mendapatkan pengobatan yang benar.

Apa sebernarnya penyakit asam urat itu?

Asam urat adalah penyakit yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh manusia. Pada kematian sel, akan dihasilkan substansi yang disebut purin, pemecahan purin akan dieliminasi dalam bentuk asam urat. Asam urat akan larut dalam darah dan di keluarkan lewat ginjal. Secara normal manusia memiliki asam urat dalam tubuhnya. Kadar yang berlebihan memicu timbulnya gangguan.

Apakah gejala asam urat?

Asam urat yang berlebihan dapat menimbulkan penumpukan kristal asam urat di jaringan dan sekitar  sendi sehingga menimbulkan peradangan. Gejala nyeri sendi asam urat sangat khas biasnya hanya mengenai satu sendi, timbul tiba-tiba, sangat sakit sampai membuat orang tidak bisa berjalan dan biasanya akan membaik dengan sempurna. Ini adalah gambaran serangan asam urat akut.

www.DokterRematikAutoimun.com - Asam Urat
Serangan asam urat akut, nyeri dan kemerahan pada sendi yang timbul tiba-tiba

Apakah ada derajatnya serangan asam urat?

Perjalanan alamiah penyakit gout (radang sendi akibat asam urat) melalui 4 tahap.

  1. Hiperurisemia asimptomatik

Pada kondisi ini asam urat tinggi lebih dari 6,8 mg/dl. Tapi orang tersebut tidak pernah mengalami nyeri sendi selama bertahun-tahun. Tidak semua orang dengan asam urat tinggi akan mengalami serangan asam urat.

  1. Serangan asam urat akut.

Pada kondisi ini kristal asam urat ada di sendi menimbulkan peradangan dengan gejala nyeri yang sangat hebat (skala nyeri 9 atau 10), tiba-tiba dan menghilang dalam beberapa hari. Setelah itu serangan berikutnya mungkin akan terjadi seteah beberapa bulan sesudahnya. Penting untuk mengendalikan kadar asam urat di stadium ini untuk mencegah perburukan menjadi kronis.

  1. Stadium interkritikal

Pada stadium ini pasien tidak akan mengalami nyeri untuk beberapa waktu tertentu, akan tetapi akumulasi kristal asam urat akan  tetap berlangsung terus menerus, jika kadar asam urat tidak diturunkan.

  1. Gout kronis dengan tophi

Fase ini merupakan fase yang sangat ditakutkan baik oleh dokter dan pasien. Ini biasanya terjadi karena pasien tidak mematuhi anjuran dokter untuk berobat teratur dan mengendalikan asam uratnya. Pada fase ini nyeri sendi menjadi menahun, bisa melibatkan banyak sendi dan berlangsung terus menerus. Sendi bisa mengalami kerusakan dan timbul benjolan tophus yang besar dibeberapa bagian tubuh. Pada stadium ini biasanya pasien akan mengalami penurunan kualitas hidup, sering sulit bekerja dan melakukan kegiatan sehari. Tidak jarang juga disertai gangguan ginjal.

www.DokterRematikAutoimun.com - Asam Urat 1
Tophi pada asam urat kronik

Bagaimana penangannnya?

Segera berkonsultasi dengan dokter apabila anda mencurigai anda menderita gout. Sering kali pasein hanya membeli obat di warung atau toko obat pada saat sedang sakit sendi dan tidak melanjutkan pengobatan untuk menurunkan asam urat. Akibatnya sering pasien datang ke Rheumatologist setelah terjadi radang sendi kronik, dimana kondisi ini sering kali sulit di tangani. Sering juga pasien datang setelah terjadi gangguan ginjal akibat konsumsi obat bebas penghilang rasa sakit.

Pada kondisi akut apa yang dapat anda lakukan?

  • Istirahatkan dahulu sendi yang terkena selama paling tidak 24 jam.
  • Angkat sendi yang sakit
  • Gunakan cold pack atau kompres dengan es batu
  • Jangan minum aspirin dan dan obat penurun asam urat saat kondisi nyeri akut.
  • Segera berkonsultasi dengan dokter

 

Bagaimana penanganan selanjutnya?

Rheumatologist akan memberikan obat untuk menurunkan asam urat. Obat penurun asam urat yang tersedia di Indonesia adalah alupurinol. Obat ini harus digunakan terus untuk mempertahankan kadar asam urat konstan dibawah 6. Kesalahan yang sering terjadi adalah pasien tidak minum obat teratur sehingga kadar asam urat tidak terkendali.

Pola hidup apa yang dianjurkan pada pasien dengan gout artritis?

  • Diet rendah purin : hindari konsumsi alkohol, daging merah (kambing, domba,sapi, babi), sea food ( cumi, lobster, sarden, udang dll), minuman tinggi fruktosa, jeroan (hati, ginjal dll).
  • Makanan yang dianjurkan: susu dan bahan olahan susu yang low fat, sayuran segar, buah segar dan makanan berserat lainnya
  • Pertahankan berat badan ideal dengan makan tidak berlebihan dan olahraga teratur
  • Jaga tekanan darah, kolesterol dan gula darah yang normal
  • Hindari merokok

 

Jadi dok, SAYA BOLEH MAKAN BAYAM dan KANGKUNG??

Pertanyaan ini sering menjadi perdebatan antara pasien dan dokter di ruang praktek. Mitos yang berkembang dimasyarakat kita asam urat disebabkan oleh konsumsi sayuran hijau (kangkung atau bayam). Hal ini tidak benar. Sayuran hijau tidak mengandung asam urat yang tinggi, sebaliknya merupakan makan yang dianjurkan pada pasien dengan gout artritis. Hal ini sudah dipublikasikan pada rekomendasi American College of Rheumatology tentang pedoman tatalaksana Gout (asam urat).

Saya tidak mau minum alupurinol karena merusak ginjal saya?

Pendapat ini tidak benar. Justru dengan konsumsi alopurinol yang teratur, anda dapat menjaga kadar asam urat selalu normal. Kadar asam urat yang tinggi dapat memicu kerusakan ginjal dan batu ginjal.

Kendalikan asam urat anda kontrol teratur ke dokter anda. Pengaturan dosis alupurinol harus dilakukan oleh dokter anda. Apabila sudah terlanjut terjadi gout kronis dengan tophus, penanganan yang khusus dibutuhkan. Rheumatologis akan mengatur dosis obat allupurinol dan obat lain untuk membantu mengurangi nyeri dan mengatasi tophus. Salam sehat.

 

Salam sehat,

dr. Sandra Sinthya Langow, SpPD-KR
Internist Rheumatologist
Siloam Hospital Lippo Village
Tangerang Banten

 

 


Silahkan bagikan jika bermanfaat

4 thoughts on “Sekilas tentang Penyakit Asam Urat”

  1. terima kasih atas infonya saya sebagai penderita awal asam urat merasa mendapat ilmu pengetahuan dan cara mengobati dan mencegah

  2. Saya sebenarnya binggung dengan sakit yang saya derita. Sebulan lalu melalui MRI dan test darah lengkap saya terdiagnosa infeksi otak ADEM. 5 hr dpt injeksi steroid dan minum dhasolone selama sebulan. Lepas dr dhasolone control lg ke dokter (malaysia) bilang perkembangan sudah bagus. Tp saya tetap keluhkan kaki yg selalu bengkak, tidak dpt berdiri dan berjalan lama. Tp menurut nya itu adalah proses. Tetapi 3 hr setelah itu justru sakitnya menjadi jadi. Telapak kaki memerah, atas nya di sekitar jari jari jadi sakit. Jd tambah susah jalan. Apakah asam urat? Saya test 3 kali. Jangka waktu masing2 : per 2-3 minggu. Awalnya normal, lalu mendekati dan minggu lalu melewati batas normal 1 point. Tp saya sudah ceritakan ke dokter sana, dan dibilang say tidak ada gejala gout. Test RA jg negatif. Hanya saja di Ana profile SMD-1 saya positif 2. Tp yg lain negatif. Dokter bilang bisa kemungkinan Lupus. Jd skrg saya mau berobat jg binggung, hrs ke bagian apa dan dgn dokter apa. Mohon dibantu. Thanks.

    1. Untuk konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami:

      Address:
      dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD-KR
      Internist Reumatologist at Siloam Hospital Lippo Village
      Jln. Siloam No 6 Lippo Karawaci, Tangerang 15811
      (021) 80646900

      Hours:
      Senin, Selasa dan Kamis: 08.00 – 18.00
      Rabu dan Jum’at: 08.00 – 16.00
      Sabtu: 08.00 – 15.00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *