Lebih Mengenal Gejala Ankylosing Spondylitis

Silahkan bagikan jika bermanfaat

www.dokterrematikautoimun -ankylosing spondylitis 1

Sebagai seorang Rheumatologist, saya sering mendapati pasien yang datang memeriksakan dirinya kepada kami dalam kondisi yang sudah terlambat mendapat penanganan medis. Misalnya beberapa hari ini, ada seorang laki-laki berusia 25 tahun ia berjalan dengan postur membungkuk. Ia mengeluh kepada saya sudah sakit pinggang selama 5 tahun. Sakit ini berjalan lama karena ia merasa penyakit yang dideritanya ini bisa membaik dengan obat penghilang sakit biasa. Namun belakangan ini rasa nyeri bertambah dan tulang belakang menjadi bungkuk, bahkan tidak bisa ditegakkan lagi. Anda perlu waspada, karena ini merupakan gambaran ankylosing spondylitis tahap lanjut

Apa itu Ankylosing Spondylitis (AS)?

Ankylosing spondylitis adalah penyakit rematik autoimun yang banyak menyerang pria usia muda. Terutama menyerang tulang belakang dan dapat menyebabkan radang sendi pada lutut dan pergelangan kaki.

Apa penyebab Ankylosing Spondylitis?

Penyebab pasti belum diketahui. Penelitian menunjukkan penyakit ini berhubungan dengan HLA-B27, yang berarti ada faktor autoimun yang berperan. Tapi beberapa teori menyebutkan ada pengaruh infeksi  bakteri gram negatif yang menjadi penyebab awalnya. 

Bagaimana bisa menduga seseorang menderita Ankylosing Spondylitis?

Adanya nyeri pinggang dan bokong yang berkepanjangan lebih dari 1 bulan. Nyeri pada pagi hari saat bangun tidur. Nyeri membaik jika sudah beraktifitas fisik. Misalnya setelah bekerja. Kadang-kadang bisa disertai bengkak pada lutut dan pergelangan kaki. Selama bertahun-tahun kadaang nyeri bisa hilang timbul dengan penghilang sakit biasa. 

Pemeriksaan apa yang dilakukan pada pasien dengan Ankylosing Spondylitis?

Dokter rematik  (rheumatologist) akan melakukan pemeriksaan fisik untuk tulang belakang. tes laboratorium meliputi darah rutin,  fungsi hati, fungsi ginjal, CRP(C-Reactive Protein). Pemeriksaan radiologi misalnya foto tulang belakang (spine) dan pelvis. Yang dapat ditemukan pada laboratorium darah peningkatan CRP. Foto pelvis dapat ditemukan inflamasi atau radang pada sendi sakroilika. Kelainan radiologi ini lebih akurat dideteksi dengan MRI. Yang perlu diingat pada awal sakit belum ada kelainan radiologi. Pada tahap lanjut dapat terjadi penyatuan tulang belakang yang disebut bamboo spine. 

Bagaimana pengobatan Ankylosing Spondylitis?

Terapi pasien ankylosing spondylitis dengan NSAID penghilang sakit biasa, sulfasalazine dapat digunakan untuk bengkak pada kaki dan lutut.  Terapi utama untuk mencegah kerusakan tulang belakang adalah suntikan TNF alpha inhibitor (etanercept, infliximab, adalimumab, golimumab).

www.dokterrematikautoimun -ankylosing spondylitis 2

Apakah AS dapat disembuhkan?

Meskipun ankylosing spondylitis tidak dapat disembuhkan, akan tetapi terapi awal dapat mencegah kerusakan tulang belakang yang permanen. Apabila diberikan sejak awal, terapi TNF alpha inhibitor dapat mencegah penyatuan tulang belakang (bamboo spine).Dengan demikian mencegah cacat tulang belakang permanen dan memperbaiki kualitas hidup.

Apakah cukup dengan obat saja?

Latihan fisik sangat penting pada pasien ankylosing spondylitis. Dengan latihan fisik yang teratur dapat memperbaiki postur, flexibilitas dan fungsi. Memang sering terjadi, jika sendi sakit orang tidak mau bergerak. Padahal jika lama tidak digerakkan akan berakibat terjadi ganguan fungsi. Karena itu dibutuhkan latihan bertahap yang akan mencegah gangguan fungsi yang membuat gerak penderitanya semakin terbatas.

Adakah pantangan makan bagi penderita?

Tidak ada pantangan yang khusus hanya dianjurkan pola makan sehat, kurangi lemak berlebihan serta banyak makan buah dan sayur. Penderita juga dilarang merokok.

 Olahraga apa yang dianjurkan

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga air (berenang atau berjalan di air), karena olahraga air akan menopang lutut dan tulang belakang sehingga bisa berpindah tanpa banyak usaha. Jalan kaki juga baik, dengan catatan menggunakan sepatu yang baik yang bisa menyerap tekanan selama berjalan. Boleh juga bersepeda, dengan syarat menggunakan sepeda yang baik, yaitu yang posisi stangnya membuat pemakainya tegak, tidak menunduk. Perlu diingat, Hindari olahraga yang banyak memutar badan dan banyak tekanan misalnya tenis, lari, squash, karena jenis olahraga ini bias memperberat nyeri di tulang belakang, panggul dan lutut.

Apakah tulang saja yang terkena pada ankylosing spondylitis?

Tidak. Pasien ankylosing spondylitis sering juga mengalami gangguan pada mata, misalnya uveitis, gangguan katup jantung, gangguan pada usus, gangguan paru dan berisiko osteoporosis.

Jadi, jangan sepelehkan nyeri pinggang terutama nyeri pinggang dengan ciri-ciri: nyeri pinggang pada usia muda, terjadi di pinggang atau bokong yang memburuk di pagi hari dan membaik dengan aktivitas fisik. Ini mungkin gejala awal ankylosing spondilytis. Konsutasikan hal ini dengan rheumatologist terdekat.

 

Salam sehat,

dr. Sandra Sinthya Langow, SpPD-KR
Internist Rheumatologist
Siloam Hospital Lippo Village
Tangerang Banten

 

 

 


Silahkan bagikan jika bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *