Lupus

  1. Apa itu Lupus?

Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat menyerang seluruh organ tubuh manusia. Pada penyakit autoimun terjadi gangguan pada sistem imun sehingga gagal menjalankan fungsinya. Sistem imun yang normal berfungsi melawan serangan infeksi baik bakterial , virus, dan jamur.Pada penyakit autoimun sistem imun mengalami malfungsi dengan menyerang sel /organ tubuh yang normal.

2. Penyebab

Penyebab belum diketahui pasti, multifaktorial, diduga kombinasi antara faktor genetik, pengaruh lingkungan dan hormonal.

3. Ada berapa macam Lupus?

-Neonatal dan Pediatric Lupus (lupus pada anak2)

-Drug induced Lupus

-Discoid Lupus

-Systemic Lupus Erythematosus

  1. Diagnosis

Lupus kadang tidak mudah, karena gejalanya sangat mirip dengan penyakit rematik yang lain.Rheumatologist akan melakukan pemeriksaan fisik dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium darah rutin fungsi hati fungsi ginjal urin rutin ANA test Anti DsDNA complement c3 dan complement c4.

5. Kapan curiga menderita lupus? Nyeri sendi diseluruh tubuh, sering sariawan berulang, rambut rontok, kemerahan dikulit wajah seperti kupu2, pucat karena anemia, dapat juga terjadi trombosit dan leukosit yang rendah, cairan pada rongga paru dan rongga perut, dan kebocoran protein pada urin. Gejala-gejala tersebut tidak terjadi secara bersamaan dan tidak semua ditemukan pada setiap pasien lupus.

  1. Bagaimana pengobatan lupus?

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan Lupus. Tetapi sudah terdapat obat standart yang dapat mengendalikan gejala2 lupus. Tujuan pengobatan untuk meredakan gejala lupus dan mencegah kerusakan organ2 tubuh. Terdapat berbagai macam obat lupus yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi odapus. Obat-obat itu contohnya steroid, hidroksikloroquin,mikofenolat mofetil, azatioprin, bahkan biologic agent seperti belimumab.

 

Salam sehat,

dr. Sandra Sinthya Langow, SpPD-KR
Internist Rheumatologist
Siloam Hospital Lippo Village
Tangerang Banten